HeadlineHot Issue

Anies dan Cak Imin Temui Habib Rizieq, Guntur Romli: Tarik Barisan 212 dari Prabowo!

Tajuktoday.com-Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Guntur Romli merespon soal kunjungan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ke Petamburan untuk bertemu dengan Habib Rizieq Shihab (HRS). Diketahui, kedatangan Anies dan Cak Imin itu karena jadi saksi nikah pernikahan putri HRS.

Setidaknya, ada tiga pandangan Guntur Romli terkait kunjungan Anies dan Cak Imin ke markas Rizieq di Petamburan. Yang pertama, menurut Guntur Romli, kedatangan Anies dan Cak Imin merupakan alarm akan adanya permainan politik identitas dan isu SARA.

Guntur Romli, dalam hal ini, menyoroti kemungkinan adanya strategi politik yang memanfaatkan isu identitas dan SARA melalui kunjungan Anies dan Cak Imin ke Petamburan. Mengingat peristiwa sebelumnya dalam Pilkada DKI yang mencerminkan penggunaan isu-isu tersebut.

Baca Juga:  Survei LSI Perindo Lolos Parlemen, Waketum Ferry Kurnia: Bukti Diterima dan Dipilih Masyarakat!

“Apa tujuannya. Pertama, ini “alarm” akan ada permainan politik identitas dan isu SARA seperti di Pilkada DKI,” tulis Guntur Romli di akun Twitternya, @GunRomli, seperti dikutip pada Kamis (28/9).

Kedua, menarik barisan 212 untuk mendukung Anies. Romli memperhatikan bahwa kunjungan ini mungkin merupakan usaha Anies Baswedan untuk mempertahankan dukungan dari kelompok 212. Dengan menunjukkan keterikatan sebagai “loyalis” terhadap Rizieq Shihab, Anies berupaya memperkuat basis politiknya.

Baca Juga:  Sandiaga Serahkan Buku Perjalanan Kampanye Pilpres 2019 ke Prabowo, Masih Akur?

Dia menyoroti cara itu untuk dipraktikan Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Namun, Ketua Umum Gerindra itu dinilainya gagal total di 2019 meski saat itu didukung HRS.

“Ini cara Anies untuk terus menarik barisan 212 yang masih ada di kubu Prabowo untuk kembali ke Anies, dengan menunjukkan bahwa Anies adalah “loyalis” Rizieq,” katanya.

Ketiga, pesan pada Jokowi bahwa Anies dan Cak Imin semakin menjadi antitesa Jokowi. Romli juga menyiratkan bahwa kunjungan ini bisa diartikan sebagai pesan kepada Jokowi bahwa Anies dan Cak Imin semakin menjadi antitesa terhadap pemerintah, terutama karena hubungan akrab Anies dengan Rizieq Shihab, sementara Jokowi membubarkan FPI yang didirikan oleh Rizieq.

Baca Juga:  DPR Kecam Penanganan Tidak Profesional Polisi di Kasus Tabrak Lari Mahasiswa UI

“Pesan pada Jokowi bahwa Anies dan Imin semakin jadi antitesa Jokowi, karena Jokowi yang membubarkan FPI yang didirikan Rizik, tapi Anies justru mesra dengan Riziq,” ungkapnya.

Bagi Romli, dampak kunjungan Anies dan Cak Imin ke Petamburan ialah kubu Prabowo melemah karena kehilangan dukungan barisan 212. Romli meramalkan bahwa kunjungan ini bisa merugikan kubu Prabowo karena dapat menyebabkan kehilangan dukungan dari kelompok 212 yang sebelumnya mendukung Prabowo.

1 2Laman berikutnya
Komentar:
Array

Komentar Anda menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Back to top button