HeadlineHot Issue

Survei SMRC: PDIP dan Golkar Ketiban Untung Calonkan Ganjar Ketimbang Puan dan Prabowo

Jakarta, Ayotimur.com-Survei lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan pencalonan Ganjar Pranowo sebagai presiden (capres) berdampak signifikan terhadap kenaikkan suara Partai Golkar ketimbang Airlangga Hartarto.

Demikian pula terhadap suara PDIP, mengalami kenaikan apabila mengusung Ganjar sebagai capres ketimbang mengusung Puan Maharani atau Prabowo Subianto.

Dalam survei kali ini, SMRC menyoroti tokoh yang dapat membawa efek ekor jas terhadap PDIP dan Golkar dengan melakukan treatment dan kontrol.

Baca Juga:  Cabut dari Ganjar Pranowo, Joman Resmi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Dalam treatment, dimasukkan sejumlah nama tokoh untuk dilihat mana yang lebih berpengaruh menaikkan suara partai. Sedangkan, pertanyaan kontrolnya adalah partai apa yang akan dipilih responden di pemilihan anggota legislatif (pileg) 2024).

Dalam eksperimen kontrol, ada 9% yang akan memilih Golkar dalam pemilihan legislatif. Sedangkan, dalam treatment pertama, apabilan Golkar mencalonkan Airlangga, suara Golkar menjadi 15% atau mengalami kenaikan sekitar 6 persen dibanding pertanyaan kontrol.

Baca Juga:  Cak Imin Sebut Proyek Food Estate Telah Terbukti Gagal, Lho Tuding Siapa?

Dalam treatment kedua di mana yang dicalonkan oleh Golkar adalah Ganjar, suara Golkar menjadi 21% atau mengalami kenaikan sebesar 12 persen.

“Ini akan membuat Golkar mendapatkan dukungan publik terbesar kedua setelah PDIP,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Komentar:

Komentar Anda menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Back to top button