HeadlineHot Issue

Survei Indikator: Warga NU Jatim Dukung Capres Pilihan Jokowi

Jakarta – Hasil survei Indikator menunjukkan bahwa warga Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur cenderung mendukung calon presiden dan wakil presiden yang didukung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“NU merupakan pendukung utama pasangan capres-cawapres yang dipersepsikan sebagai pilihan Jokowi, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka,” kata Burhanuddin Muhtadi, Founder & Peneliti Utama Indikator, dalam paparan daringnya di Surabaya, Jumat (2/2).

Baca Juga:  Tiba di Ambarawa, Biksu Jalan Kaki dari Thailand Singgah di Goa Maria Kerep

Dukungan ini dilatarbelakangi oleh tingkat kepuasan warga Jawa Timur yang tinggi terhadap kinerja Presiden Jokowi.

“Lebih dari 80 persen warga Jawa Timur cukup hingga sangat puas atas kinerja Jokowi,” ujar Burhanuddin.

Jawa Timur sendiri merupakan wilayah dengan konsentrasi warga NU terbesar, dengan rata-rata 80,8 persen warga Muslim Jawa Timur merasa sebagai bagian dari organisasi NU.

Baca Juga:  DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI 14 November

Survei Indikator ini juga menunjukkan bahwa semakin aktif warga dalam organisasi NU, semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka terhadap Jokowi.

“Oleh karena itu, jika simpul-simpul utama warga NU di Jawa Timur masih bisa setia kepada Jokowi, maka kemungkinan besar Prabowo-Gibran akan mempertahankan dominasinya,” kata Burhanuddin.

Namun, jika simpul-simpul tersebut tidak bisa dijaga, basisnya akan menyusut signifikan. Anies-Muhaimin tampak potensial menarik insentif tersebut.

Baca Juga:  Respon Vonis Mati, Amien Rais Sentil Jokowi: Ganti Semua yang Berbau Ferdy Sambo

Survei Indikator juga menemukan bahwa basis Anies-Muhaimin berasal dari kelompok yang lebih militan dan sering melakukan persuasi terhadap orang lain.

Komentar:
Array

Komentar Anda menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Back to top button